Review The Sims 3 (mumpung sempet)

18 June 2009 at 2:26 pm | Posted in About Many Things, Chit Chat | 69 Comments
Tags: , , , ,

Akhir-akhir ini jarang online, maklum, sok sibuk 3385896779bf1c13188bf92ca516878e. Sampe-sampe karma di Plurk! pun turun karena ga update status. Eh, itu mah karena lagi ga ada pulsa buat buka yang versi mobile 3385896779bf1c13188bf92ca516878e. Sekarang juga lagi bisa online agak lama karena mau ngambil berkas yang dikirim orang rumah, jadi sekalian deh hohoho.

Sesuai judulnya, ceritanya sih mau ngebahas The Sims 3 yang akhir keluar juga di bulan Juni ini setelah sekian lama diundur-undur terus. Itu yang jualan game di Matos tau-tau udah ada lagi The Sims 3, akhirnya niatan untuk minjem aja dan ngeburn sendiri ke DVD sirna karena kemalasan tiada tara. Salahin yang jual tuh, jadinya aja gw beli 8863234ebea13f109c9b15ba19a4531c (mencari kambing item).

Buat yang belum tau tentang The Sims bisa liat di sini untuk The Sims versi awal, atau versi keduanya di sini. Gw mau ngebahas perbedaan antara The Sims 3 sama The Sims 2 aja.

  1. Waktu usia Sims kita bertambah, usia temen kita juga ikut bertambah. Sedangkan di The Sims 2, temen kita sejak kecil, waktu kita udah jadi nenek-nenek, dia tetep aja masih anak-anak.
  2. Sims bisa berjalan-jalan di kotanya tanpa ada waktu loading kayak di The Sims 2. Kita bahkan bisa ngikutin Sims ke tempat kerja, supermarket, atau museum.
  3. Bukan cuma temen Sims kita yang bisa seenaknya datang dan ngeberantakin rumah kita, sekarang kita juga bisa berkunjung ke rumah temen dan bahkan nginep di sana.
  4. Game di-save per kota, bukan per rumah kayak di The Sims 2. Di awal permainan kita diminta buat milih satu keluarga yang bakal terus kita mainin (bisa diganti nanti, tapi emangnya ada yang mau ganti? mending bikin save-savean baru kali). Jadi kita fokus ke Sims kita aja mainnya.
  5. Gambarnya tampak lebih nyata.
  6. Kita bisa memilih warna sendiri untuk barang-barang di “buy mode” ataupun di “building mode” kecuali pagar, tangga, dan atap kalo ga salah, jadi bikin rumahnya seru deh. Plurk!
  7. Hape udah termasuk dalam inventory dan ga mesti beli lagi kayak di The Sims 2.
  8. Sims bisa dikasih sifat atau traits yang nanti bakal nentuin karakter Sims dan cita-cita dia.
  9. Di fitur career bakal ada percabangan karir.
  10. Masih di fitur career juga, kita ga mesti nyari friend dalam jumlah yang udah ditentukan. Nanti kita bakal dapet taskboost karir kita, namanya opportunity. Misalnya kalau jadi polisi ntar bakal disuruh menyamar ke sarang kriminal. Terus ada tugas-tugas yang mesti dilakukan juga, kayak kalo jaid wartawan harus kenal banyak orang karena mesti nulis artikel yang banyak.
  11. Kalo Sims ceweknya mau melahirkan, harus dibawa ke rumah sakit! Inget tuh! Gw waktu Sims gw mau melahirkan dan udah teriak-teriak gitu kan gw diemin aja karena biasanya di The Sims 2 bayinya langsung muncul. Eh, ini harus dibawa ke rumah sakit ternyata, pantesan gw diemin lama orangnya masih aja teriak-teriak, ha ha ha…ha-ha-ha. (Tambahan, baru tau kalo ternyata bisa juga melahirkan di rumah, tapi ga boleh berdiri, harus didudukin)
  12. Penambahan umur bisa dihentikan, lho! Tanpa harus pake cheat, emang ada di game setting-nya, tapi ya kalau kata gw sih ga seru amat main ga tua-tua.
  13. The Sims 3 udah memfasilitasi beberapa fitur yang ada di ekpansion pack The Sims 2, kayak berkebun, aksesoris, rangeyoung adult, mobil pribadi, gitar, dan bisa mancing. Tapi masih ga ada perubahan di cuaca, ga bisa melihara binatang, masuk kuliah, berlibur di hotel, atau tinggal di apartemen. Hmm… kita tunggu aja expansion pack-nya, siapa tau bakal lebih menarik.

Hmm… kayaknya segitu dulu deh. Sepertinya bahkan udah panjang sekali *melirik curiga kepada orang-orang yang bakalan fast reading* 22416dced8b59446db8cd366cc925d09

Ada yang mau nambahin? Ada yang udah main? Ayo cerita-cerita joyful1. Mas Ghani yang katanya suka The Sims juga, udah main belum nih?

NB: Berhubung ga pake laptop sendiri, jadinya ga bisa upload screenshot-nya, kapan-kapan ya kalo sempet… pinch.

69 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wehee….seru tuh…mantepp . .:)
    coba main ahh (*ntar, klo jadi dibeliin laoptop ma ortu*)
    UAHAHAHAHAHAHA..
    Doain aja kesampaian deh…ckckck

  2. Halo, salam knal. :D
    betul bgt, yg paling keren tuh ga ada loading time yg ampe setaun itu loh.

    mau nanya, emang bisa ganti keluarga di tengah2 game?
    Yg nambah tua temen kita aja atw org2 yg ga kenal juga?
    Itu yg ada cuacanya sims2 expansion pack yg mana? Maklum, baru maen yg pets doang.hehe.
    Maap kebanyakan :p

  3. emangnya klu kita ngerpiu sesuatu seperti ini… kitanya dpt apa dari siapa sii?!?!?! ajarin dund.. pan kitanya juga mao kek gni2… huuuuu :( hiks hiks hisks

  4. wah
    kyknya asik tuh
    jadi pengen maen juga, hehehe

  5. intan
    He he he… kenapa ga di komputer rumah aja? ;-)

    eyeshield30
    Salam kenal juga :-)
    Iya, pas di mode “Edit Town” itu nanti ada pilihan di pojok kiri bawah, tulisannya “change active household”
    Nah, setau gw sih berubah semua usianya. Soalnya ada satu keluarga yang ga temenan sama Sims gw pas kenalan anaknya yang awalnya teenager udah jadi young adult gitu. CMIIW ;-)
    Di expansion yang Seasons, bisa ada empat musimnya, paling seneng musim gugur, karena jadi cepet nambah skill :mrgreen:

    genial
    Wah, ini ga dapet apa-apa, Mas, cuma review demi kepuasan pribadi aja :mrgreen:

    andyan
    Ayo.. ayo.. ada satu temen di kampus yang udah berhasil ditulari virus The Sims juga, padahal awalnya dia ga suka maen game :twisted:

  6. kalo maen game sih selalu suka *siyul2*
    tapi dulu cuman bisa maen the sims yg pertama doank
    soalnya spek PC minimalis :mrgreen:

  7. Wow, jd gitu yah!
    Jd tambah cinta ama sims. Kekekeke.
    Tp kata saya si, orang2nya lebih cantik yg sims2 xD Walaupun sims3 lebih real ekspresinya.
    Trait systemnya jg berguna bgt! Bisa buat perfect gentlemen ato psikopat sinting jg. Ahahaha.
    Thanks jawabanya!

  8. gak fast reading kok. lumayan buat referensi. hehehe…

    eh iya, ada gak yang buat Wii?? kalo ada, pasti gw beli. (bukan nge-burn. hehe)

  9. andyan
    install di komputer kantor :twisted:

    eyeshield30
    iya, gw juga lebih suka orang yang di the sims 2, lebih cantik, apalagi kalo udah download2 tambahan dari internet :D
    sama-sama :)

    diazhandsome
    kemaren pas buat review ini liat di Wiki sih ada kok, coba ubek2 aja itu yang jual game2 :D

  10. fast reading? kena deh saya! :mrgreen:

  11. wahh .. pengen .
    spek nya gmn tuh? tinggi ya?

  12. hha.. jadi inget dlu. seharian maen game trus

    waktu masih suka maen game (sebelum terdampar di Linux)..

  13. irfan
    tuh kan bener :D

    agung agriza
    iya sih, baru The Sims 3 yang original aja udah 5GB (belom nanti kalau muncul expansion pack-nya), RAM-nya kalo komputer biasa 1.5GB, kalo laptop 2GB. Sisanya lupa apa, diliat di Om Wiki aja ya :D

    Cluzterailez
    di Linux ga bisa, ya?

  14. wahh belum tau hhe.. tapi ku sejak terdampar udah jarang maen game..
    perlu aplikasi khusus wat jalanin yang dari windows hhe

  15. iya, perlu aplikasi tambahan biar bisa jalanin aplikasi windiws di linux

    btw, saya males beli
    mau donlod lebih males lagi, haha

  16. hmm… kayaknya tertarik banget beli nih… serius!

    bisa beliin gak?? (lho?) : mrgreen:

  17. Hmm gw sih maen buat ngedesainnya doang :P kalo mainin simsnya ga pernah ada waktu :D

    Tapi keren fitur2 barunya

  18. Waduhh… nama saya disebut-sebut, jadi malu :oops:

    Mas Ghani yang katanya suka The Sims juga, udah main belum nih?

    belum, belum… saya masih harus memformat harddisk dan “menghajar” Tugas Akhir dulu… baru bisa bebas :P
    tapi udah lumayan tau fitur-fitur barunya dari review2 ma milisnya The Sims 3 :mrgreen:

    Waktu usia Sims kita bertambah, usia temen kita juga ikut bertambah. Sedangkan di The Sims 2, temen kita sejak kecil, waktu kita udah jadi nenek-nenek, dia tetep aja masih anak-anak.

    Fairuz lupa… :mrgreen: di EP Free Time ada kan? tapi cuma terbatas hingga 3 orang aja, kadang-kadang NPCnya malah terkesan “ngambek” karena belum siap jadi dewasa :|

    Sims bisa berjalan-jalan di kotanya tanpa ada waktu loading kayak di The Sims 2. Kita bahkan bisa ngikutin Sims ke tempat kerja, supermarket, atau museum.

    Yup, ini asik banget… yang bikin sebel dari The Sims 2 itu mesti loading dobel waktu ke dan dari kota asal ke downtown, vacation place, dll :| Tapi sistem ini sebenernya udah ada di The Sims Bustin’ Out dulu (N-Gage, Gameboy Advance)

    Untuk grafisnya emang oke banget… tapi sayang Sims-nya keliatan chubby semua :(

    Untuk karir jadi menantang nih… juga gag perlu susah-susah cari teman sampe belasan orang (bahkan untuk dapetin posisi tertinggi dalam suatu karir di The Sims 2, saya biasanya pake “Voodoo Dolls” dari Twikkii Island :lol: )

    Yeah, lebih realistis di saat melahirkan! :D Dan semoga gag ada lagi Sim cowok yang melahirkan bayi alien… biasanya ndak saya urus dan diambil Social Worker… yosh, anti-Alien! :lol:

    Semoga EP-nya ntar ada College-nya lagi… asik banget soalnya, meski rada bosen soalnya untuk dapetin GPA 4.0 di situ gampang banget :|

  19. not interest at all hhe

    makin tua gw makin ngga doyan game..

    mungkin tinggal beberapa ja…
    yg pasti si Pro Evolution Soccer hhee

  20. eh btw kok read more nya tulisannya LANJUTKAN??

    wah kampanye nih…

  21. @ intan:
    jangan menggantungkan lappie untuk nge-game… karena kurang stabil :)

    @ Qie:
    gamer sejati itu ndak mengenal usia mas. yang bikin game aja mereka yang usianya 30-an… contohnya serial Grand Theft Auto dan The Sims yang legendaris ini :)

  22. cheat nya ada ga yg uangnya ga bisa abis2?he.sangat menarik spertinya

  23. blum nyoba euyy.. :D

  24. Cluzterailez
    Ga pernah make Linux nih, ya karena salah satunya takut repot mau install game2 :p

    andyan
    Intinya adalah malas (doh)

    diazhandsome
    Ogah, ah. Bukannya anak ini baru dapet gaji kemaren, beli ndiri dong, kekeke…

    Eru
    Saya suka dua2nya ah. Kalau bosen main orang, ya bikin2 rumah yang keren2. Nanti tuker2an sama temen deh rumah yang udah dibikin tadi.

    ghani arrasyid
    He he… biar terkenal Mas :D

    Free Time itu EP yang agak2 terakhir yah, bareng sama Apartment Life, jadinya saya belom nyoba semua fiturnya, makanya ga tau. CD-nya udah dibawa adek ke Banjarmasin soalnya :(

    Dulu itu sambil nunggu loading bisa ngapa2in dulu, apalagi waktu spek kompie masih kurang mencukupi, ditinggal mandi juga masih aja loading ga beres2 :lol:

    Ini saya masih nunggu komunitas modding bikin model rambut dan baju yang keren2 :D . Agak sayang meninggalkan The Sims 2 karena udah punya banyak donlotan yang keren2 :D

    Qie
    Kampanye apanya? Biasanya juga gw pake tulisan itu kan? :roll:
    Sama Empire II kali? Biasanya lw suka maen itu?

    annyssa
    Pasti abis kalo uangnya, tapi kan bisa ditambah lagi pake cheat ;-)

    Taruma :D

  25. enaknya punya game.. pengen

  26. wah main the sims juga ya bro hehehe lam kenal ya bro

  27. aku kenal the sims, tapi sekedar incip2 aja. nggak berani main betulan, ini candu. gawat! :mrgreen:

  28. @ fahmi!:
    tergantung juga gimana cara ngatur antara bermain-belajar dan bekerja :)

    @ Fairuz:
    udah sempet nyoba The Sims 3…
    kesan pertama… agak membingungkan, pergerakan mouse-nya terlalu sensitif dan gameplay-nya butuh penyesuaian karena sudah terlalu addicted sama The Sims 2, terutama interaksi antar Sims :|

  29. hummm, sapa ya yg punya *siyap2 malakin*

  30. Jadi inget masa-masa gue suka banget main The Sims Livin’ Large, Hot Date… dulu jauh lebih sederhana… entah karena gue udah mengalami pendewasaan diri (cieehh…. udah bukan homo ludens lagi deh) atau karena gue ga suka kerumitan The Sims 2 dan 3, gue ga tertarik sama sekali tuh pasang The Sims..

    *sebagian juga karena beban kuliah dan keodong-odongan leptop gue yang pastinya bakal mengibarkan bendera putih begitu membaca System Requirement-nys The Sims 3.. haghaghag,,

  31. jiaahh… ya gak muat dong duitnya!!! mahal kan?? aagghh…

    pertamax + 30 !!

  32. pengen bgt gw bli tuh game…
    tp tar laptop gw jd lemot…
    hohoho…
    btw, bisa install d laptop kgk??
    laptop paan dah yg bsa install the sims 3???

  33. buset… masih ada aja ya the sims ini… gw maennya entah berapa taun yang lalu… :))

  34. WUUAAAAAAAAW! gila, jadi lebih asik. apalagi umur temen2 jadi bertambah. soa kalo mau dijodohin sama anak tetangga kan jadi ga usah mainin dua rumah.. ARRRGH! mau beliiiiiiiiii >.<

    thanx infonya anyway :mrgreen:

  35. minjeeeemmmmm….
    btw kalo maen di laptop bakal hidup kaya orang biasa juga?

  36. haii . hhi . aku mau nanya niih .
    tentang the sims bustin out . tapi aku mainnya di laptop trus pke GBA .

    jadiii aku mau liat isi pocketnya . barang yang di dlam pocket itu mau aku pindahin ke rummah yang pertama kalii misi itu loh .
    ..
    trus cara mau liat isi pokcet tekan tombol apa iia di keyboardnya .
    tau nggak ? tolong dong ,
    aku sii pernahnya mainn bustin out ini di n-gage QD lama aku ,

    tlong jwabannya iia :)) aku btuh bnget nii . hahhaa =)

  37. The Sims 3 emang keren banget….

    Sims ku baru punya keturunan 1…maklum pake lama mainnya epic 960 day kalo ga salah….biar lebih kerasa…hehehe

  38. salam kenal mua…hehehe belajar ngebloog nie gw

    ni bro spec

    UNTUK WINDOWS XP
    – 2.0 GHz P4 processor or equivalent
    – 1 GB RAM
    – A 128 MB Video Card with support for Pixel Shader 2.0
    – The latest version of DirectX 9.0c
    – Microsoft Windows XP Service Pack 2
    – At least 6.1 GB of hard drive space with at least 1 GB of
    additional space for custom content and saved games

    UNTUK WINDOWS VISTA
    – 2.4 GHz P4 processor or equivalent
    – 1.5 GB RAM
    – A 128 MB Video Card with support for Pixel Shader 2.0
    – Microsoft Windows Vista Service Pack 1
    – At least 6.1 GB of hard drive space with at least 1 GB of
    additional space for custom content and saved games

    For computers using built-in graphics chipsets under Windows,
    the game requires at least:
    – Intel Integrated Chipset, GMA 3-Series or above
    – 2.6 GHz Pentium D CPU, or 1.8 GHz Core 2 Duo, or equivalent
    – 0.5 GB additional RAM

    UNTUK MAC OS X
    – Mac OS X 10.5.7 Leopard or higher
    – Intel Core Duo Processor
    – 2 GB RAM
    – ATI X1600 or Nvidia 7300 GT with 128 MB of Video RAM, or Intel Integrated GMA X3100
    – At least 6.1 GB of hard drive space, with at least 1 GB additional space for custom content and saved games
    – This game will not run on PowerPC (G3/G4/G5) based Mac systems, or the GMA 950 class of integrated video cards.

  39. Numpang nanya ..
    “… Penambahan umur bisa dihentikan, lho! Tanpa harus pake cheat…” caranya gmana ya????

  40. di bagian setting game
    itu nanti ada pilihannya
    di situ kita bisa milih, mau seberapa lama umur sim kita, bahkan ada juga pilihannya no aging

  41. ak uda beli tu, tp kq ga bisa di.install2 ??
    bkin kesel.. pdhl uda pngen maenin. gmna tuhh jadi.nya ?

  42. ga bisa diinstallnya gimana?
    udah selesai tapi ga bisa dimainin, atau pas nginstall muncul pesan error?

    • aku ngeinstall the sims 2 dikomputer rmh, tp cdnya yg double gitu yg langsung banyak aplikasinya. tapi ngga bisa2 T.T
      padahal udah nunggu 3 tahun biar dibolehin main the sims (umur hrs 17thn dulu kata nyokap)
      lebih bagus ngeinstall di komputer atau di laptop sih? trs kalo di laptop, yg bagus laptop apa?
      kalo aku mau ngeinstall the sisms 2, trs sims pets, trs sims holliday’s fun, trs install family fun, the sims deluxe, the sims collage, dll bisa ngga sih? caranya biar bisa dapet banyak gitu gmn? soalnya temen aku ada yg punya the sims 2 pets sm business jd digabung gitu :O
      kalo mau ngeinstall the sims 3 juga, installan the sims 2 yg sebelumnya ngga bakal ke ganggu kan? atau harus beli laptop lg buat bisa ngeinstall?
      maaf kebanyakan abis pengen banget :(

      • bisa di komputer ataupun di laptop kok
        kalau pengen lancar mainnya, RAMnya coba 4gb, terus vga cardnya agak bagusan juga, dan space harddisk yang lumayan besar karena the sims kalau kita nginstall lengkap semua expansionnya itu memakan space yang cukup besar

        pets, holidays fun, dll itu namanya expansionnya the sims 2 cc, jadi kita harus punya the sims 2 yang dasar dulu untuk bisa nginstall yang lain
        semuanya bisa diinstall sekaligus kok :)

        yap, kalau nginstall the sims 3 juga installn the sims 2 nggak bakal keganggu kok

  43. aku udah beli, seru lohh!!!!! Pinjem????? Bayar RP. 50.000,00/kaset. the sims 3 2 kaset….. hayoo!!!!

  44. ga perlu :D
    sewaktu gw nulis review ini gw udah lama punya DVDnya :p

  45. Gua mau donk pinjem kaset nya…
    50 RIBU GUA LADENIN…
    Tapi anterin ke kota pagaralam ya di sumatra selatan..
    anaknya kota palembang…
    hehehe…

  46. Lam knal smuanya..
    Mau nanya nii.. kalo di the sims 3 bisa belanja baju ga si? gmn caranya ya? thx :D

    • caranya sama kayak di the sims sebelumnya kok, ke toko bajunya :D

  47. mau nanya deh, gw udah beli kaset the sims 3, tapi kok gak bisa di instal ya?
    caranya gimana tuh?

    • maksudnya nggak bisa diinstall gimana kk?

  48. maaf mas mau tanya nih??? kenapa di the sim 3 aku susah bener menikahnya??
    trus gimana caranya??? malah sampe tua sendirian? mohon pencerahannya?? makasih…

    • seperti biasa kok, bangun relationship yang tinggi dulu dari sim yang mau dinikahin, terus muali flirt dan segala macem, nanti juga muncul pilihan propose, punya saya nggak ada masalah, sih om

      btw, saya jangan dipanggil mas dong, hahaha :lol:

  49. pengen bangetmain the sims 3 tpi di mna dpt nya ya???

  50. mau nanya klo the sim 3 mau beli rumah baru yg dah full furniture nya gimana yaa ?? bkin rumah sendiri tp ga da bagus2 nya…haha [ga bakat jd arsitektur gw :hammer:]

  51. @denisa: cari di toko yang jual game aja mbak :D
    @Bahrudin: donlot yang ada di community aja coba, kalau beli yang dari game aslinya emang ga full semua, tapi di community biasanya banyak orang yang aplot2 rumah hasil bikinan mereka

  52. ^
    ^
    lho, blog yang ini masih diurusin ternyata? :P

  53. mau tanya donk,..udah instal sims 3 di laptop tapi koq lemot banged yah maininnya,..gimana dunk biar gak lemot??

  54. gimana cra cepat loading sims3? bantu donk.. ram ny ud 4gb,, koq ms lemot.. loading aj ampir 30menit…

    • hmmm, kalau persoalan teknis begitu saya kurang tau
      tapi kalau berdasarkan pengalaman ya, dengan loading yang lama begitu biasanya spek komputer kurang, selan ram apalagi ya yang ngaruh :|

  55. Om, saya mau nanya saya juga suka the sims dari kecil….
    truss pas saya main the sims 3 tempat beli bajunya di toko yang mana ya ?
    #alhamdulillah di laptop saya lancar” aja main the sims3 nya…

    • Bisa tapi harus punya MEJA Yang di tempat Buy Yang di Bagian bedroom itu looo terus kalo udah di beli klik mejanya trus kklik chance outfit

  56. akukan punya the sims 3 yg town life trus aku instal the sims 3 seasons tp kok gak bisa dibuka ya ?

  57. untuk install expansionnya harus berurutan ga?

  58. ,Hi,, salam kenal

    Aku kecanduan ts3,, tp sumpah aku ga bisa bikin rumah,, hhe… Cm jago nge desain dekorasi aja,, aku pernh bca bca,, ts3 ada liftnya tp ga tau ts3 apaan,,
    Akhir akhir ini lg suka gardening skill di ts3. Btw mau nanya cara dpt bibit life fruit, money tree gmn,, katanya suruh cari benih tp blm ketemu,, katanya suruh cheat ” buyDebug” tp ga bs jg,, hmm tau caranya ga??

  59. disa dimaenin di windows 7 gag?

    • coba aje lu culun!!!! LOL ;P

  60. haha bener aku sekarang maen the sims 3 dlu the sims 2, tapi yang plg aku heran dl the sims 2 kalo kakek”/nenek” bisa batuk” dn bersin” kan kocak haha tp the sims 3 kok ngga ya? terus sama kalo malem suka ada hantu yg suka nakut”in tp the sims 3 ada ga ya? the sims 2 soalnya ada.

  61. gmn sich cara mulai berkebun nya???? sims aku udah py skill, tp mau tanam seed nya ga ngerti gmn cara nya. gmn supaya punya lahan utk berkebun??


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

